Sigit Santosa Lulusan Terbaik Program Doktor S3 IPB

IPB merupakan universitas terdepan dalam pengembangan ilmu pertanian di Indonesia. Alhamdulillah, saya sebagai  anak petani dapat menuntut ilmu di IPB. Pemilihan jurusan Ilmu Tanah selain didasarkan pada kecintaan pada dunia pertanian juga pada kebutuhan kantor akan pengelolaan dan penataan tanah-tanah pertanian secara berkelanjutan.    

 

Perkuliahan saya jalani dengan berbagai tantangan dikarenakan latar belakang pendidikan dari non pertanian. Selama penyusunan disertasi, saya berkesempatan studi kebijakan perlindungan lahan pertanian di Jepang selama sembilan minggu di Kyoto University. Pendidikan dan pengalaman yang saya peroleh selama studi di IPB menjadi bekal dalam meniti karir di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Studi dan disertasi saya sangat bermanfaat bagi perlindungan lahan pertanian maupun pengembangan kebijakan penataan agraria.

 

Pendidikan di IPB tidak semata mengajarkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga pembentukan karakter mahasiswa yang tangguh. Sebagai mahasiswa pascasarjana, kebebasan dan kemandirian ditanamkan dari masa perkuliahan hingga penyelesaian disertasi.  Menjadi bagian dari alumni IPB adalah satu kebanggan dan kesempatan untuk lebih mengabdi pada Bangsa dan Negara. Semoga IPB selalu menjadi garda terdepan dalam memajukan petani dan pertanian di Indonesia. Terima kasih IPB dan Merdeka…! (Awl)

 

 

Download PDF : Sigit Santosa Lulusan Terbaik Program Doktor S3 IPB