OMI : Event Olahraga Tahunan Terbesar di IPB

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Herry Suhardiyanto meresmikan pembukaan Olimpiade Mahasiswa IPB (OMI) 2017, Sabtu (21/4) di Gymnasium kampus IPB Dramaga, Bogor. Kegiatan ini merupakan acara olahraga tahunan terbesar yang diselenggarakan di IPB. Pada OMI IPB ke-10 ini bertema “Junjung Sportivitas, Lebur Perbedaan”.

OMI akan berlangsung pada tanggal 22 April – 19 Mei 2017 di Gymnasium IPB, GOR lama IPB, Lapangan Stadion Gelora IPB, Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit Fakultas Peternakan (Fapet) IPB, dan Kolam Renang GOR Padjajaran Bogor.

Ketua Pelaksana OMI 2017, Reza Mahlevi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga, menjalin persaudaraan serta kebersamaan seluruh mahasiswa IPB melalui momentum pertandingan olahraga, menumbuhkan jiwa sportivitas dalam diri mahasiswa secara individu maupun tim. “Hasilnya atlet terbaik akan mewakili IPB menuju pekan Olimpiade Mahasiswa Nasional,” ujarnya.

Dikatakannya, tahun ini OMI menggelar 11 mata cabang olahraga yang diikuti oleh 9 fakultas, Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU), Diploma, dan Sekolah Bisnis dengan memperebutkan 38 emas, 38 perak dan 58 perunggu. Cabang olahraga tersebut meliputi sepak bola, futsal, bola voli, basket, tenis meja, tenis lapang, badminton, catur, aerobik, atletik, dan renang putra. Untuk pertama kalinya dalam OMI 2017 ini ada penambahan cabang olahraga renang bagi wanita, yaitu renang putri.

Rektor berpesan kepada para peserta agar jadikan OMI sebagai ajang prestasi, untuk merajut kebersamaan, persatuan dan memperkuat persahabatan diantara para mahasiswa IPB. “Untuk itu jadilah  atlet yang istimewa yang dapat membanggakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kejujuran. Terutama tidak menodai OMI 2017 dengan tindakan dan perilaku tidak terpuji,” katanya.

Sementara, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB, Panji Laksono, menyampaikan, kegiatan OMI ini merupakan wujud persatuan dan kebersaman diantara mahasiswa IPB. Hal ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga mahasiswa IPB di kancah Olimpiade Mahasiswa se-Indonesia 2017 mendatang.

Dalam acara ini turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Yonny Koesmaryono; Direktur Kemahasiswaan IPB, Dr. Sugeng Santoso; Direktur PPKU, Dr. Bonny P.W. Soekarno; para dekan dan wakil dekan; Direktur Diploma; serta para dosen pendamping dari tiap fakultas.(Awl)

Download PDF : OMI : Event Olahraga Tahunan Terbesar di IPB