Pelatihan bagi Jurnalis Muda IPB

Biro Hukum, Promosi dan Hubungan Masyarakat (Biro HPH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik bagi Jurnalis Muda di Lingkungan IPB, Kamis (27/4). Pelatihan dengan tema “Mengolah Karya Ilmiah Jadi Bacaan Renyah” ini, bertempat di Media Center Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor. Hadir sebagai narasumber, Redaktur Republika, Irwan Kelana.

Kepala Biro HPH IPB, Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.Si menjelaskan, Pelatihan Jurnalistik ini bertujuan untuk belajar menulis yang baik dan benar, terutama untuk menyebarluaskan berita-berita, informasi atau feature mengenai pertanian secara luas. Penulis dituntut untuk dapat menulis hasil-hasil penelitian IPB untuk disampaikan atau diinformasikan ke pembaca, sehingga semua informasi dapat diketahui dan diterima oleh masyarakat dengan baik. “Harapannya pada tahun ini, kita mencoba publikasikan sekira 2.500 berita dan feature mengenai pertanian,” ujarnya.

Narasumber, Irwan Kelana, menyampaikan cara bagaimana membuat tulisan yang dapat menggugah orang untuk membaca; memberikan  informasi lebih banyak, terutama menyangkut sisi lain yang selama ini tidak atau kurang diketahui pembaca; dan tentunya harus memberikan inspirasi.

 Berikut gaya penulisan yang baik: 1) Deskripsi menceritakan fakta apa adanya secara detail, 2) Narasi menguraikan fakta secara kronologis, dan 3) Argumentasi menjelaskan fakta dan sebab akibat yang melatarbelakanginya.

 “Yang penting penulis harus ingat bahwa menulis bukan untuk diri sendiri, tapi untuk orang lain, dan apa yang ditulis bisa dipahami pembaca. Ciri bahasa jurnalistik berikutnya harus sederhana, dapat dicerna semua kalangan, padat langsung ke pokok persoalan, jelas mudah dipahami, singkat tidak bertele-tele, dan menarik menggugah keinginan pembaca,” paparnya.

Para peserta pelatihan adalah para jurnalis yang akan menyebarluaskan berita dan informasi yang terkini, padat dan aktual, yang terdiri dari reporter Humas IPB, jurnalis muda IPB, tim Agri FM IPB dan Green TV. (Awl)

Download PDF : Pelatihan bagi Jurnalis Muda IPB