Fadiyah, Mahasiswa IPB Terpilih sebagai Best Knowledge Duta Lingkungan 2017

Fadiyah Hasta Puspitasari, resmi menjadi Best Knowledge, salah satu tujuh kategori pemenang finalis terbaik untuk IPB Green Environment Ambasador (IGEA) 2017. Penobatan Fadiyah Hasta Puspitasari sebagai Best Knowledge ini dilakukan di Auditorium Sylva Pertamina, Fakultas Kehutanan (Fahutan), Kampus IPB Dramaga Bogor.

Mahasiswi Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengatakan, keikutsertaannya mengikuti ajang IGEA 2017 merupakan panggilan passion dan merasa tergerak hati untuk peduli akan kampus yang menuju IPB bebas sampah 2020.

Fadiyah menjelaskan, selama mengikuti program IGEA ini ia banyak mendapatkan wawasan mengenai keadaan lingkungan IPB dan sekitarnya. IGEA sendiri memberikan pembekalan kepada 20 finalis yang peduli lingkungan dengan mengadakan pelatihan berbagai bidang khususnya lingkungan.

Selama pelatihan para finalis juga melakukan kerjasama tim untuk membersihkan lingkungan IPB agar bebas sampah.  Kegiatan bebas sampah yang kita lakukan berawal dari diri kita yang ditularkan kepada teman, sahabat bahkan kalau bisa kepada masyarakat dan staf sekitar kampus IPB,” ujarnya.

Ia mengatakan, mendapatkan ilmu tidak hanya di bagian hulu saja, tetapi sampai ke hilir, yaitu tempat pembuangan akhir sampah kampus IPB dan Kabupaten Bogor. Kunjungan ke TPA Galuga adalah kegiatan kami mengamati seberapa besar sampah yang dikeluarkan kampus setiap harinya, dan terlihat penggunaan sampah berjenis plastik masih dominan. Untuk itu, para finalis IGEA mencoba melakukan kampanye penggunaan ecobag dan tumbler bagi para mahasiswa untuk mengurangi sampah plastik yang ada di IPB,” ujarnya.

Pada malam puncak IGEA 2017 ia dinobatkan sebagai penyandang predikat Best Knowledge. Suatu amanah yang menurutnya harus bisa mencerdaskan para mahasiswa IPB untuk peduli lingkungan kampus bahwa produksi sampah yang kita hasilkan sudah terlalu banyak. 

Komitmen 20 finalis IGEA 2017 setelah selesai malam puncak adalah melakukan program bersama dengan dikontrol oleh Kementerian Pelestarian Lingkungan Hidup (PLH) Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB. Program yang akan kita lakukan memiliki tujuan utama yaitu menuju IPB bebas sampah. Kampanye yang dilakukan tidak akan cukup untuk mengubah IPB, tapi gerakan kecil yang berawal dari kita mengajak teman dekat dan yang lain untuk mengatakan “TIDAK” saat menerima kantong plastik sewaktu belanja dimanapun, dan beralih menggunakan ecobag.(Awl) 

Download PDF : Fadiyah, Mahasiswa IPB Terpilih sebagai Best Knowledge Duta Lingkungan 2017