Wali Kota Bogor Resmikan Jalan Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion

 Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, meresmikan Jalan Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion sebagai pengganti nama Jalan Rumah Sakit II yang berada di lokasi Kampus IPB Baranangsiang, Bogor (3/6). Pergantian nama jalan ini diusulkan oleh komunitas Bogor Sahabat (Bobats) kepada Pemerintah kota Bogor, yang dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion dalam dedikasinya dan karya-karyanya membangun pendidikan nasional. Peresmian ini juga bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535.

 Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bogor yang telah memproses perubahan nama jalan menjadi nama dosen dan guru besar IPB, Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion. Menurutnya, sosok Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion merupakan sosok ilmuwan yang penuh kedisiplinan, kreativitas tinggi, dan memiliki pemikiran yang visioner. Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion adalah Rektor IPB untuk dua periode

 (1978-1987).

”Profesor Andi Hakim Nasoetion merupakan sosok disiplin menegakkan aturan dengan konsisten. Banyak hal yang dapat diteladani dari seorang Andi Hakim Nasoetion. Beliau juga merupakan  tokoh sentral, beliau yang menentukan jalur masuk penerimaan mahasiswa baru yang kita kenal sekarang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang menentukan siswa seluruh Indonesia mengenyam pendidikan berdasarkan prestasi dan minat bakatnya,” ujar rektor.

 Lebih lanjut rektor mengatakan, IPB pun telah pula memberikan penghargaan atas jasa-jasa Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion dengan memberi nama gedung rektorat menjadi Gedung Andi Hakim Nasoetion, delapan tahun silam.

 Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyampaikan ia sudah mengenal sosok Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion sejak di bangku Sekolah Dasar. Baginya, Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion merupakan akademisi panutan, ia sangat mumpuni dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, serta mampu berinteraksi dengan berbagai kalangan.

 “Pemerintah Kota Bogor sangat bangga dan terhormat bisa memberikan apresiasi kepada (alm) Prof Andi Hakim Nasoetion sebagai warga Bogor yang selama hidupnya telah banyak memberikan keteladanan. Semoga langkah pemberian nama jalan ini bisa menjadi inspirasi agar generasi muda bisa mengingat dan meneladani Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion,” ujarnya.

 Sementara itu, isteri (alm) Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion, Dr. Amini Nasoetion menyampaikan terimakasih atas perhatian yang diberikan kepada almarhum. “Walau telah 15 tahun meninggal, namun tidak dilupakan. Semoga dengan pemberian nama Jalan Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion dapat menginspirasi generasi muda kita untuk memberikan karya-karya terbaiknya,” katanya.(dh)

 

Download PDF : Wali Kota Bogor Resmikan Jalan Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion