Pesan dari Momentum Hardiknas : Perguruan Tinggi Harus Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Pesan dari Momentum Hardiknas : Perguruan Tinggi Harus Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei tahun 2017 di lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) dipimpin langsung oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto di Lapangan Upacara Rektorat Kampus IPB Dramaga, Bogor. Hardiknas tahun ini mengusung tema “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi“.

Sebagai Pembina Upacara, Rektor IPB membacakan amanat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI yang menyerukan bahwa peringatan Hardiknas kali ini merupakan momentum dan sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam melaksanakan berbagai program untuk memajukan pendidikan, khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan kata lain, perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.

Peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, dalam bidang pendidikan, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. Kedua, dalam bidang penelitian, peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui hilirisasi penelitian di perguruan tinggi. Ketiga, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui kerjasama yang lebih intensif lagi antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dan industri untuk menyelesaikan problem-problem riil yang dihadapi masyarakat sekitar perguruan tinggi, baik problem terkait produksi, distribusi maupun teknologi.

 

Melalui inkubasi bisnis akan lahir pengusaha kecil dan menengah (UKM) atau para pengusaha-pengusaha pemula berbasis teknologi. Melalui mereka diharapkan gerak perekonomian di daerah-daerah dapat tumbuh secara berkelanjutan. Untuk itu perguruan tinggi harus meningkatkan kemampuannya untuk menyelesaikan problem-problem praktis melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Pimpinan perguruan tinggi harus mampu membuat kebijakan yang menghargai bahkan memberikan insentif yang cukup bagi dosen-dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Upacara juga dirangkai dengan pengumuman prestasi dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa IPB yang berhasil diraih di tingkat nasional dan internasional. Upacara Hardiknas di lingkungan IPB ini dihadiri oleh segenap  pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, Agrianita IPB, dan mahasiswa.(Awl)

Download PDF : Pesan dari Momentum Hardiknas : Perguruan Tinggi Harus Dukung Pertumbuhan Ekonomi