Bike to Campus IPB Gelorakan Green Campus

Semangat menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan yang memiliki transportasi sehat, ramah serta dukungan untuk Program Green Transportasi Kampus terus ditularkan oleh tim Bike to Campus (BtC) Institut Pertanian Bogor (IPB). Tim BtC IPB yang terdiri dari dosen, staff dan sivitas yang dikoordinasikan oleh Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB dan Direktur Pusat Informasi Kehutanan IPB serta pecinta transportasi sepeda hadir sebagai bentuk kontribusi terhadap program green transportasi yang sedang digalakkan.

Kegiatan ke dalam lingkungan sivitas diwujudkan dengan gerakan BtC secara rutin, sedangkan kampanye gerakan GT IPB ke lingkungan luar kampus dengan berpartisipasi dalam berbagai event sepeda di wilayah Bogor dan Jawa Barat. Event tingkat Jawa Barat yang diikuti tim BtC IPB diantaranya gerakan bersepeda Bike to Work Chapter Tasikmalaya yaitu tour de Pangandaran yang ke-8. Tim BtC IPB turut sebagai peserta dari sekira 3.500 orang dari berbagai komunitas maupun perorangan dari seluruh Indonesia. Pada kesempatan ini BtC IPB mengirimkan utusan sebanyak 14 orang dari 16 orang yang merencanakan ikut. Perjalanan yang menempuh jarak  107 kilometer mulai dari Tasikmalaya, Cimaragas, Banjar, Banjarsari, Kalipucang dan finish di Pangandaran dapat diselesaikan dalam waktu 10 jam yang mulai pukul 07.30 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB.  Moment yang paling menarik adalah dalam setiap perjalanannya, tim BtC IPB selalu melekatkan semangat “Green Campus IPB” dalam setiap atributnya.

Ke depan tim BtC berharap program aktivitas pecinta sepeda di IPB semakin guyub dan konsisten dalam menggerakkan program cinta transportasi ramah lingkungan. Selain itu juga peminat dan pecinta green transportasi dengan sepeda juga makin meningkat. Dengan makin masifnya upaya gerakan transportasi ramah lingkungan di IPB, BtC akan tercipta lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua.  Pada September mendatang dalam rangkaian Dies Natalis IPB, tim BtC berharap ada program sepeda sehat dari Kampus IPB Baranangsiang menuju Kampus Dramaga dapat terlaksana.  Disadari membangun kesadaran akan hidup selaras dengan alam melalui cinta transportasi yang ramah memerlukan waktu edukasi yang panjang. Sehingga tim BtC IPB bertekad untuk terus menggelorakan semangat cinta sepeda di dalam kampus kepada seluruh sivitas akademika IPB.  Sehingga program green campus menjadi agenda yang melekat dalam sanubari sivitas akademika IPB sebagai suatu gaya hidup.  Mari hidup sehat dengan membangun budaya bertransportasi yang sehat. Salam BtC IPB (BtC Group).***

 

Download PDF : Bike to Campus IPB Gelorakan Green Campus