Empat Departemen Lagi di IPB Dapat Akreditasi International “AUN-QA”

Institut Pertanian Bogor (IPB) menambah jumlah program studi (prodi) yang akan mendapat akreditasi internasional melalui kegiatan asesmen oleh Asean Universuty Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang dimulai Rabu (14/1). Pengajuan akreditasi dilakukan oleh Departemen Gizi Masyarakat dari Fakultas Ekologi Manusia (Fema), Departemen Silvikultur dari Fakultas Kehutanan (Fahutan), Departemen Ilmu Ekonomi dan Departemen Agribisnis dari Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM). Kunjungan tim penilai akreditasi AUN-QA diterima di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor.

Dalam sambutannya, Rektor IPB, Prof.Dr Herry Suhardiyanto mengatakan, “IPB berkomitmen dalam peningkatan mutu pendidikan. Proses penilaian akreditasi dari AUN-QA ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IPB yang tidak hanya diakui secara nasional namun juga di tingkat regional dan international, mengingat sistem penilaian AUN-QA menggunakan basis penjaminan mutu (Quality Assurance)”.

Executive Director of AUN, Dr. Nantana Gajaseni, mengatakan AUN-QA memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi dari 10 negara ASEAN untuk bekerja sama dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan. IPB bersama universitas lainnya di Indonesia ITB, UI, UGM, dan UNAIR adalah anggota AUN yang termasuk universitas tingkat atas di Indonesia, yang dapat melakukan peningkatan standar mutu pendidkan pada level internasional. Pada kesempatan ini kami membawa delapan orang asesor AUN-QA dari Philipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura untuk melakukan asesmen pada empat program di IPB,” terangnya.

Kepala Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB Dr. Fredinan Yulianda menyampaikan, harapannya ke depan IPB memiliki program-program studi yang memiliki kualifikasi standar internasional sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di IPB. Standarisasi pelaksanaan pendidikan berbasis penjaminan mutu pada empat program studi di IPB oleh AUN-QA  juga merupakan suatu langkah IPB untuk memperoleh pengakuan internasional terhadap sistem pendidikan di IPB serta kesetaraan dengan universitas lain di ASEAN.

"Visitasi ini akan dilakukan dari tanggal 14 hingga 16 Januari untuk memastikan kesesuaian standar proses pelaksanaan pendidikan, sistem manajemen, sumber daya manusia, sarana dan fasilitas dengan standar AUN-QA. Semoga proses visitasi dapat berjalan dengan baik hingga akhirnya keempat Departemen dapat tersertifikasi AUN-QA", tutur Fredinan.

Dr Fredinan menambahkan, sebelumnya IPB telah dua kali di-asesmen oleh AUN-QA yaitu pada tahun 2013 dan 2014, dan sudah enam Departemen yang sudah mendapat sertifikasi AUN-QA. Enam Departemen itu adalah Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Budidaya Perairan, Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, dan Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat. (Awl)

 

Download PDF : Empat Departemen Lagi di IPB Dapat Akreditasi International “AUN-QA”