Lokakarya Mengelola Internasionalisasi dan Beasiswa Program SHARE

Program Beasiswa SHARE menggelar lokakarya “Managing Internationalisation and the SHARE Scholarship Programme” ke-3 di Bangkok, belum lama ini. Kegiatan ini dalam rangka mendukung Kantor Hubungan Internasional (IROs) di tiap perguruan tinggi ASEAN yang berpartisipasi dalam Program SHARE. Lokakarya ini dihadiri oleh 32 IROs perwakilan tiap negara, penerima SHARE yang saat ini belajar di Bangkok, pejabat dari Kantor Pendidikan Tinggi Komisi Thailand (OHEC), perwakilan dari Jaringan ASEAN University (AUN), SEAMEO - RIHED, dan Sekretariat ASEAN. Delegasi Institut Pertanian Bogor (IPB) turut hadir Kasubdit Program Internasional, Dr. Eko Hari Purnomo.

 Dalam acara ini, para peserta membahas isu-isu kunci dalam kerangka mobilitas SHARE termasuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan Batch 1 dan Batch 2 dari Program SHARE Beasiswa. Lokakarya ini juga menyelenggarakan sesi khusus untuk penerima beasiswa SHARE saat di Bangkok untuk berbagi pengalaman. Para peserta diberikan gambaran, bagaimana membangun kerjasama yang baik dengan dan antar kantor hubungan internasional.

 Lokakarya ini bertujuan untuk mendukung partisipasi perguruan tinggi dari Program Beasiswa SHARE dalam melakukan proses internasionalisasi dan untuk mempersiapkan perguruan tinggi dan kantor hubungan internasional untuk pelaksanaan Batch 3 dari Beasiswa Share, yang direncanakan  membuka aplikasinya untuk kedua intra-ASEAN dan ASEAN - mobilitas Uni Eropa Maret 2017.

 SHARE adalah hibah Uni Eropa  yang didanai Program € 10.000.000 dengan tujuan utama memperkuat kerjasama regional, meningkatkan kualitas, daya saing dan internasionalisasi ASEAN lembaga pendidikan tinggi dan mahasiswa, dan memberikan kontribusi untuk komunitas ASEAN. Dari tahun 2016 dan seterusnya, akan menyediakan 500 beasiswa bagi mahasiswa ASEAN, terutama dengan mendukung pertukaran mahasiswa dan pengakuan angka kredit di kawasan ASEAN.***

Download PDF : Lokakarya Mengelola Internasionalisasi dan Beasiswa Program SHARE