IPB Siap Kerjasama Majukan Kabupaten Lingga

Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau segera akan merealisasikan kesepakatan yang telah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MOU) beberapa waktu lalu, yaitu kerjasama dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata. Untuk itu jajaran pimpinan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga kembali mengunjungi IPB guna membicarakan langkah kerjasama yang akan dilakukan. Hadir Bupati Lingga, Ketua DPRD Kabupaten Lingga dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diterima Rektor IPB di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Darmaga, Bogor (8/3). 

 Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto mengatakan kehadiran bupati ini sebagai awal yang nyata kerjasama IPB dengan Kabupaten Lingga. Rektor menjelaskan bahwa IPB mempunyai  9 fakultas, sekolah bisnis, sekolah vokasi dan sekolah pascasarjana yang siap memajukan pertanian di Kabupaten Lingga.

 Ditambahkan rektor, bahwa jumlah doktor  IPB merupakan terbesar dibandingkan perguruan tinggi negeri (PTN) lain . IPB dikenal sebagai perguruan tinggi yang paling banyak menghasilkan paten. Tahun 2015 paling banyak komersialisasi paten. Selain itu, IPB masuk dalam 100 Top University dunia untuk bidang Agriculture and Forestry.

 “Namun tentu saja tidak cukup hanya dengan penghargaan, tapi butuh karya nyata di lapangan. Kita bisa realisasikan paten ke tengah masyarakat. Lebih penting berkibarnya panji-panji IPB diseluruh tanah air, termasuk di Kabupaten Lingga. Mari kerjasama ini kita isi untuk memajukan Kabupaten Lingga.  Kabupaten Lingga punya potensi luar biasa, sebaiknya dikelola dengan basis ilmu pengetahuan yang tepat,” paparnya. 

 Merespon apa yang disampaikan Rektor IPB, Bupati Lingga, H. Alias Wello, SIP menyampaikan keinginannya untuk menata pembangunan yang sedang berjalan, sehingga perkembangan action plan bisa segera diselesaikan. “Kami mengundang IPB untuk datang ke Lingga, langsung kita on the spot,” ujarnya.

 Selain itu kerjasama yang akan diterapkan juga adalah  merealisasikan program pendidikan setara diploma. Bupati sangat antusias terhadap pengembangan pulau-pulau kosong, untuk itu ia ingin segera melakukan pengembangan keilmuan di sana, mengingat letak geografis yang  strategis. (dh)

 

Download PDF : IPB Siap Kerjasama Majukan Kabupaten Lingga