LPPM IPB Gelar Pelatihan Produk Olahan yang Higienis

Untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan produk olahan makanan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan kegiatan pelatihan aspek higienitas dari hasil olahan pangan, Rabu (12/4), bertempat di kantor Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Pelatihan diikuti oleh 15 orang peserta UKM Desa Purwasari, yang terdiri dari pengusaha olahan keripik pisang, singkong, rengginang, leupeut, dan makanan basah.

Panitia penyelenggara, Warcito, SP, MM dari Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) LPPM IPB menyampaikan pelatihan ini akan rutin diadakan sebelum pelaksanaan Jumat Keliling (Jumling) IPB 2017 di 17 desa lingkar kampus. Dengan demikian, terangnya, pada Jumling IPB nanti para UKM tersebut akan mendapatkan sertifikat dan dapat menampilkan produk olahan melalui bazaar.

“Keuntungan bagi para pelaku usaha tersebut adalah menambah pengetahuan bagaimana mengolah produk lebih bersih (higienis), sehingga produk pangan yang dikonsumsi sehat dan terjamin kebersihannya,” ujarnya.

Pengisi materi pelatihan adalah dari Dinas Kesehatan Kota Bogor, Nunik Negrahani, AmKg. Ia menjelaskan, pengertian higiene menurut Depkes adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu subyeknya. Misalnya mencuci tangan untuk melindungi kebersihan tangan, kemudian menjaga kebersihan jari-jari, kuku, rambut, mata dan mulut. Selanjutnya kebersihan bahan yang digunakan dan kebersihan peralatan yang akan digunakan.

 

“Terpenting bagi para pelaku usaha dalam memproduksi makanan adalah diberikannya motivasi untuk berbuat baik kepada orang lain dengan memproduksi makanan dengan sehat, bersih, dan menguntungkan,” imbuhnya. (Awl)

Download PDF : LPPM IPB Gelar Pelatihan Produk Olahan yang Higienis