Trop BRC IPB Gelar Workshop Bioinformatika Network Pharmacology

Pusat Studi Biofarmaka (Trop BRC) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Seri Workshop Bioinformatika Network Pharmacology, Selasa-Rabu (11-12/4) di kampus IPB Taman Kencana, Bogor. Kepala Trop BRC LPPM IPB. Dr. Irmanida Batubara mengatakan kegiatan ini bertujuan agar peserta memperoleh pengetahuan mengenai proses penentuan kandidat formula obat melalui pendekatan Network Pharmacology.

 Dr. Irma menjelaskan, Trop BRC saat ini terjadi pergeseran paradigma dalam penemuan obat, dari single-component single-target menjadi multi-component multi-target. Paradigma ini memunculkan pendekatan Network Pharmacology yang memanfaatkan teori graf untuk menganalisis interaksi protein-protein maupun senyawa-protein. Dari hasil analisis topologi jaringan yang terbentuk dapat diperoleh protein-protein signifikan yang terkait dengan penyakit tertentu. Dapat pula diprediksi senyawa-senyawa bioaktif yang potensial untuk menyusun formula obat herbal (jamu).  Workshop ini dirancang untuk akademisi, peneliti atau praktisi yang ingin mengetahui proses prediksi formula Jamu dengan pendekatan Network Pharmacology.

Pada kesempatan ini, para peserta memperoleh bekal pengetahuan mengenai proses penentuan kandidat formula obat melalui pendekatan Network Pharmacology (pendekatan jaringan farmakologi untuk memahami mekanisme kerja dari obat tradisional seperti jamu). Peserta juga lebih dapat menggunakan data-data untuk diolah ke dalam komputer dengan memakai teknik yang benar, sehingga keunggulan dari bahan-bahan itu dapat diaplikasikan ke dalam penelitiannya.

Harapannya, ke depan Trop BRC LPPM IPB dapat unggul di bidang Biofarmaka Tropika Nasional, yang didukung oleh peneliti yang kompeten di bidangnya, serta peralatan dan laboratorium yang baik. Pengembangan biofarmaka dilakukan mulai dari cara menanam tumbuhan (bahan baku), memanen, hingga mengubahnya menjadi produk jamu yang pada setiap prosesnya menggunakan teknologi.

Hadir lima orang narasumber dari IPB, yaitu Sekretaris Eksekutif Trop BRC, Wisnu Ananta Kusuma yang menjelaskan tentang Konsep Graph Mining dan Implementasinya dalam Network Pharmacology; Kepala Laboratorium Trop BRC, Rudi Heryanto, S.Si, M.Sc berbicara tentang Konsep Multi Komponen Multi Target  dan Sinergisitas dalam Jamu (obat herbal); Dosen Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, Husnul Khotimah, S.Kom, M.Kom menyampaikam materi Eksplorasi dan Analisis Network Pharmacology dengan Aplikasi Cytoscape (http://www.cytoscape.org/); Dosen Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB,   Dr.  Setyanto Tri Wahyudi dengan materi Pencarian dan Prediksi Keterhubungan Tanaman Herbal dan Penyakit Menggunakan “Ijah Webserver” (Aplikasi buatan IPB:http://ijah.apps.cs.ipb.ac.id/); dan Dosen Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB,  Vektor Dewanto, ST., M.Eng dengan materi Molecular Docking.

Workshop ini dihadiri 15 orang peserta, terdiri dari akademisi, peneliti dan praktisi. Mereka berasal dari perguruan tinggi Indonesia seperti, Universitas Pancasila, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Program Studi Farmasi Universitas Islam Indonesia dan Universitas Kristen Indonesia.(Awl)

Download PDF : Trop BRC IPB Gelar Workshop Bioinformatika Network Pharmacology