P2SDM LPPM IPB Latih 46 Pimpinan OPD Kota Bogor

Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor menyelenggarakan  “Pelatihan Pengembangan Jati Diri dan Perubahan Pola Pikir Pejabat OPD Kota Bogor”. Kegiatan yang diikuti oleh 46 orang pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor ini diselenggarakan selama  tiga hari (23-25/2) di Jeep Station Indonesia Resort Megamendung, Kabupaten Bogor.

Kepala P2SDM LPPM IPB, Prof. Dr. Pudji Muljono mengatakan, diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas manajerial pimpinan OPD Kota Bogor 2017, sehingga mampu meningkatkan kinerja lembaga dan meningkatkan kesolidan pimpinan OPD Kota Bogor dalam kinerja lembaga.

 “Semoga kegiatan ini bisa menjadi sumber rujukan yang konkrit bagi Pemkot Bogor. Sebagai inspirasi dan pendorong dalam menjalankan amanah pemerintah. Sedangkan bagi LPPM IPB kegiatan ini menjadi sumber pembelajaran baru,” ujar Prof. Pudji.

 Kepala LPPM IPB, Dr. Prastowo menyampaikan, peranan pemimpin OPD dalam mendukung kesuksesan kinerja organisasi sangatlah ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Dikatakannya, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah melalui pelatihan ini.

 Sementara, Wali Kota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto dalam pengarahan dan pembukaan mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu entry point dalam perubahan hubungan kerja, pola komunikasi, serta manajemen kelembagaan bagi pimpinan dan staf OPD. Menurutnya, semua itu akan berpengaruh pada pencapaian prestasi kerja lembaganya.

 “Para pimpinan OPD dalam membangun jati diri harus dengan modal kedewasaan berpikir dan menerima perubahan sebagai suatu kebutuhan dalam usaha meningkatkan kinerja yang produktif di lingkungan kerjanya, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Diklat ini diharapkan menjadi daya ungkit peningkatan kemampuan manajerial pimpinan OPD dalam meningkatkan kinerja lembaga yang dipimpinnya menuju pencapaian visi dan misi Kota Bogor 2015-2019,” papar Wali Kota. (Awl)

 

Download PDF : P2SDM LPPM IPB Latih 46 Pimpinan OPD Kota Bogor