Jumling IPB di Desa Cikarawang

Tim Jumat Keliling (Jumling) Institut Pertanian Bogor (IPB) tiba di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (5/7). Pada tahun ke-10 ini, fokus kegiatan Jumling IPB adalah mengenai keamanan dan kesehatan pangan.

Kepala Desa Cikarawang, Sapturi Wijaya menyampaikan terima kasih kepada IPB yang dinilainya telah melakukan pendampingan dan pembinaan kepada warga lingkar kampus, khususnya Desa Cikarawang di bidang pertanian dalam arti luas. “Harapannya IPB akan terus membina dan mendampingi warga lingkar kampus yang selalu membutuhkan segala bantuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” tuturnya.

Ketua rombongan Jumling IPB, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Pertanian (Faperta) IPB, Dr. Suwardi menjelaskan salah satu tugas mulia IPB adalah pengabdian pada masyarakat yang termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Selama ini IPB melakukan pendampingan dan kemitraan untuk memberikan manfaat secara langsung terhadap lingkungan, salah satunya desa-desa di lingkar kampus.

Dalam kesempatan ini, Dr Suwardi juga mengimbau masyarakat Desa Cikarawang untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi lahan tanam. Sementara, terkait  keamanan pangan, menurutnya bukan hanya merupakan isu dunia tapi juga menyangkut kepedulian individu. 

“Untuk pengolahan pangan termasuk kebutuhan dasar terpenting dan sangat esensial dalam kehidupan manusia. Walaupun pangan itu menarik dan tinggi gizinya, tetapi tidak sehat atau bersih, maka tidak ada nilainya sama sekali, jadi warga harus benar-benar memperhatikan keamanan dan kebersihannya. Selain itu, orangtua harus mendorong anak-anak untuk belajar yang baik, arahkan anak-anak untuk belajar di perguruan tinggi yang baik seperti IPB,” ujarnya.

Jumling dirangkai dengan pemberian santunan kepada 20 anak yatim, pemberian bantuan fasilitas untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemberian alat kesehatan untuk Posyandu, pemberian peralatan belajar untum PAUD, pemberian buku Iqro dan alquran untuk majelis taklim, serta pemberian layanan kesehatan dan gizi masyarakat. (Awl)

Download PDF : Jumling IPB di Desa Cikarawang