Kerjasama IPB dengan Poltekkes Tasikmalaya

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima kunjungan kerja Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tasikmalaya (11-12/2). Kegiatan ini dalam rangka penandatanganan kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kunjungan ini langsung dipimpin oleh Direktur Poltekkes Tasikmalaya, Hj. Betty Suprapti, S.Kp.,M.Kes didampingi sekitar 52 jajaran pimpinan dan staf, Senin-Selasa (13-14/2). Rombongan diterima di Ruang Sidang Senat Akademik, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Darmaga, Bogor.

Kepala LPPM IPB, Dr. Prastowo, mengatakan kegiatan LPPM IPB yang dilakukan tidak lepas dari SDM maupun sumberdaya fisik yang dimiliki oleh LPPM IPB. “Oleh karena itu, kami senantiasa meningkatkan kemampuan keahlian serta mengembangkan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Semoga setelah pertemuan ini dapat terwujud kolaborasi yang konkrit,” ujarnya.

Sementara, Direktur Poltekkes Tasikmalaya menyampaikan melalui kunjungan ini diharapkan dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Kami datang ke IPB, dikarenakan IPB adalah perguruan tinggi yang  besar dan berhasil mengembangkan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dipaparkan beberapa program yang telah dilakukan LPPM IPB, diantaranya Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Tematik IPB, IPB Goes to Field (IGTF), Bina Cinta Lingkungan, Pengembangan Kemitraan Desa Lingkar Kampus, Simpul Kolaborasi Inovasi, serta Pusat Kajian Gender dan Anak (PKGA). Selanjutnya, rombongan dari Poltekkes melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH), Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Pangan dan Pertanian Asia Tenggara (SEAFAST Center), Agribusiness Development Station (ADS), Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT), serta Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (Incubie LPPM IPB).

Turut hadir dalam kesempatan ini antara lain Wakil Kepala Bidang Penelitian LPPM IPB Prof. Dr. Agik Suprayogi, Wakil Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat LPPM IPB Dr. Hartoyo, dan sejumlah peneliti di lingkungan IPB. (Awl)

Download PDF : Kerjasama IPB dengan Poltekkes Tasikmalaya