Miftahul Huda Fendiyanto Sang Juara Biologi

Miftahul Huda Fendiyanto (22), mahasiswa kelahiran Probolinggo ini berhasil meraih Juara III Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON MIPA) Bidang Biologi 2014 di Semarang. Kecintaannya pada biologi teori menghantarkannya menyabet beberapa penghargaan. Mahasiswa yang akrab disapa Fendi itu menuturkan tahapan mengikuti ajang bergengsi tersebut. Berawal dari seleksi internal tingkat IPB, lalu naik ke tingkat wilayah lalu bersaing di tingkat nasional. "Adapun materi-materi yang diujikan ialah genetika molekuler, biologi sel, fisiologi, ekologi, keanekaragaman hayati tumbuhan, hewan, mikrobiologi, dan lain-lain," ujar Fendi.

 

Fendi mengisahkan sedikit pengalamannya dalam memecahkan soal-soal olimpiade. “Soal-soal ON-MIPA memang sulit. Solusinya saya sering berlatih berpikir analitis, sehingga terbiasa. Exercise makes perfect,” ujarnya. Motivasi Fendi mengikuti ON MIPA adalah ingin mendalami biologi lebih baik lagi.

 

Kuliah di IPB sudah menjadi impian Fendi sejak kelas X SMA. “Saat itu kakak saya berhasil diterima di Departemen Agronomi dan Holtikultura IPB. Sejak itu saya termotivasi ingin kuliah di IPB,” imbuhnya.

 

Mahasiswa yang sempat menjadi finalis ON MIPA 2013 ini juga cukup sering mendapat dana hibah dari mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), diantaranya dana hibah PKM 2012 dengan judul paper  “Pestisida Nabati pada Padi untuk Ketahanan Pangan Nasional”, PKM 2013 dengan judul “IAS (Invasive Alien Spesies) Clidemia Hirta D. Don sebagai Antibakteri dalam Upaya Mengatasi Penyakit Tifus Di Indonesia”, PKM 2015 dengan judul “Analisis Ekspresi Gen SOD pada Padi untuk  Ketahanan Pangan Nasional”, dan “Uji Alelopati Clidemia HIRTA Terhadap Berbagai Gulma Padi”.

 

Fendi mengaku dalam menunjang prestasinya tersebut, tidak terlepas dari dukungan penuh para dosen yang tergabung dalam tim Pembina ON MIPA departemen Biologi. Selain itu, dukungan dari teman-teman sesame peserta ON MIPA pun turut memberikan semangat. “Dan tentunya dukungan penuh dari keluarga, ayah dan ibu,” tambahnya.

 

“Saya berharap agar adik-adik FMIPA bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam meraih apa yang dicita-citakan. Semoga ON MIPA juga tetap terselenggara setiap tahunnya karena kegiatan ini bermanfaat untuk mengembangkan potensi mahasiswa khususnya di bidang sains,” pungkas Fendi.

(FY)

 

Download PDF : Miftahul Huda Fendiyanto Sang Juara Biologi