Mahasiswa IPB Menerima Beasiswa Credit Earning

Sebanyak 10 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima beasiswa untuk Credit Earning di beberapa perguruan tinggi di ASEAN. Sebaliknya, ada 4 mahasiswa dari negara-negara ASEAN yang melakukan studi di IPB melalui program ini. Beasiswa ini merupakan komitmen untuk memperkuat kerjasama regional, meningkatkan kualitas, daya saing daerah dan internasionalisasi institusi pendidikan tinggi ASEAN.

 ASEAN dan Uni Eropa (EU) mengumumkan penerima beasiswa batch kedua dari beasiswa “EU Support to Higher Education in the ASEAN Region" (SHARE).  Sebanyak 134 mahasiswa ASEAN dari 29 perguruan tinggi ASEAN di delapan negara anggota ASEAN, menerima beasiswa yang didanai penuh untuk menghabiskan satu semester belajar di luar negeri, di negara ASEAN lain.

 "Komunitas ASEAN dimaksud  adalah semua tentang masa depan generasi muda ASEAN yang akan segera menjadi pemimpin dan tenaga kerja di daerah ini. Dengan demikian, kami terus bekerja untuk memberi mereka kesempatan mengembangkan diri, menemukan pengetahuan baru, bertemu teman baru dan lebih menghargai wilayah mereka. SHARE beasiswa adalah skema yang sangat baik yang memungkinkan mereka untuk melakukan hal itu. Mobilitas mahasiswa dalam ASEAN membentuk landasan yang memungkinkan siswa kami untuk menentukan identitas mereka dan menghargai komunitas mereka,” kata Mr. Vongthep Arthakaivalvatee, Deputi Sekretaris Jenderal Komunitas Sosial-Budaya ASEAN.

 Terinspirasi oleh Proses Beasiswa Eropa Bologna dan Erasmus, SHARE telah membentuk skema beasiswa untuk mendukung lulusan wilayah dan pimpinan daerah. Atas nama ASEAN, 500 beasiswa tersedia untuk didistribusikan di empat batch;  400 beasiswa dialokasikan untuk mobilitas dalam ASEAN dan 100 beasiswa lain untuk siswa ASEAN belajar di Uni Eropa. Beasiswa ini dirancang untuk menguji penerapan suatu sistem transfer kredit ASEAN-wide (ACTS) dan ASEAN-Eropa sistem transfer kredit (AECTS), dimana siswa akan menerima kredit dipindahtangankan dari program luar negeri yang akan diperhitungkan studi mereka saat kembali ke tanah air.

 Sementara itu, 16 mahasiswa dari delapan perguruan tinggi ASEAN telah merintis beasiswa tahun 2016. Menyusul keberhasilan batch percontohan ini, SHARE meluncurkan panggilan kedua dan menerima lebih dari 300 aplikasi dari mahasiswa ASEAN, dimana lebih dari 50% berasal dari Kamboja, Laos PDR, Myanmar, dan Vietnam. Mayoritas adalah pelamar perempuan. Setelah batch pilot dan batch kedua beasiswa telah diberikan, SHARE akan memanggil untuk aplikasi dari mahasiswa sarjana di ASEAN untuk dua batch di 2017-18.

 "Di Eropa, 3 juta siswa telah menerima beasiswa Erasmus untuk belajar di negara-negara Uni Eropa lainnya selama 30 tahun terakhir. Program Erasmus telah memberikan kontribusi untuk harmonisasi pendidikan tinggi di Eropa. Demikian pula di ASEAN. Selain pengalaman pribadi mereka, saya juga berharap bahwa beasiswa SHARE akan memberikan kontribusi pada konektivitas ASEAN melalui hubungan orang per orang,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Mr. Francisco Fontan.***

Download PDF : Mahasiswa IPB Menerima Beasiswa Credit Earning