Mengenal Lebih Jauh Sosok IPB Green Environmental Ambassador 2016

                IPB Green Environmental Ambassador (IGEA) merupakan perhelatan rutin Kementerian Lingkungan Hidup, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Institut Pertanian Bogor (IPB) yang setiap tahun dilaksanakan. Acara tersebut merupakan ajang kompetisi Pemilihan Duta Lingkungan IPB. Tidak seperti ajang kompetisi lainnya, IGEA banyak diisi kegiatan-kegiatan bermanfaat, tentunya dalam lingkup lingkungan. Selama lebih kurang dua bulan, para peserta diberi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang lingkungan, seperti seminar dari duta lingkungan, pelatihan essai, green campaign, serta melakukan proyek-proyek yang melibatkan masyarakat secara umum. Salah satu proyek yang dilakukan adalah penyuluhan masyarakat Leuwiliang mengenai pengolahan sampah yang baik dan benar.

                Setelah melalui rangkaian acara yang panjang, akhirnya terpilihlah Mella Sarah Elmania, mahasiswi Teknologi Hasil Perairan (THP) IPB 52 yang berhasil mengalahkan 10 finalis lainnya, ia kemudian ditetapkan sebagai 1st Winner of IGEA 2016. Perjalanan Mella menjadi juara IGEA bukan tanpa perjuangan, ia mengatakan bahwa mengalahkan 30 peserta lainnya bukan perkara mudah. Motivasi dari sang senior Khoirul Umam yang merupakan juara IGEA 2014 semakin memantapkan langkah Mella untuk berkontribusi pada lingkungan melalui IGEA. Berbekal pengetahuan dan pengalamannya di UKM IGAF, mengantarkan Mella ke posisi puncak pada malam final, padahal saat itu ia berada pada posisi ke-7. Meskipun Mella tidak mengejar gelar juara, tetapi ia mengaku senang bisa dipercaya sebagai Duta Lingkungan IPB 2016. “Jujur saya tidak berambisi mengejar gelar juara, karena tujuan saya mengikuti IGEA ini hanya sebagai ajang pembelajaran. Saya berpikir bahwa sebagai anggota UKM IGAF yang bergerak di bidang lingkungan, saya harus berkontribusi lebih bagi lingkungan salah satunya dengan mengikuti IGEA,” ujar Mella.

                Kecintaannya terhadap lingkungan tidak begitu saja lahir dalam hati Mella. Lingkungan keluarganya mengajarkan Mella untuk cinta terhadap lingkungan sejak dini. Prinsip keluarganya dalam mendukung green lifestyle seperti menghemat listrik dan plastik, membuat Mella mempunyai rasa cinta terhadap lingkungan yang lebih besar bila dibandingkan dengan orang lain seusianya. Bahkan sejak SMP, ia sudah bergerak secara aktif dalam bidang lingkungan, seperti mengikuti lomba karya tulis ilmiah lingkungan, dan mengikuti acara-acara yang dilaksanakan kantor tempat ibunya bekerja yaitu dinas pekerjaan umum bagian cipta karya yang berfokus pada lingkungan.

                “Bagi generasi muda yang mungkin ingin bergerak di bidang lingkungan, pertama perbaiki niat awal dulu. Niat kita melakukan tersebut harus murni rasa cinta terhadap lingkungan tempat kita tinggal, karena saat kita dengan tulus melakukannya, apa yang kita dapatkan justru lebih baik daripada saat kita mengejar prestasi semata. Kita harus berpikiran terbuka  bahwa bencana yang selama ini menimpa bumi diakibatkan ulah manusia itu sendiri, seperti membuang sampah sembarangan, boros dalam energi dan listrik, serta masih banyak lagi. Sebagai generasi muda, kita harus menjadi role model bagi orang lain misalnya dengan mengganti tas plastik dengan eco bag, mengganti bungkus plastik dengan tumbler, atau membawa kotak makan dari rumah untuk mengurangi penggunaan plastik. Kita bahkan bisa memvariasikan eco bag dan tumbler dengan model yang lucu dan ‘lebih anak muda’ sehingga gaya hidup hijau yang selama ini kita kenal kuno dan konservatif menjadi gaya hidup yang lebih ‘kekinian.’ Dengan begitu, kita dapat menolong bumi kita dari sampah plastik yang mengancam, karena negeri kita Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia,” jelasnya.

                Ke depan Mella ingin bersinergi dengan berbagai kegiatan yang ada di IPB dalam segi lingkungan, misalnya di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Selain itu, ia ingin terlibat dalam kebijakan green campus karena menurutnya IGEA ada bukan hanya sebagai penonton semata tetapi untuk menggagas dan mengkritisi. Ia ingin green lifestyle di lingkungan mahasiswa IPB meluas dan dilakukan dengan cara yang lebih ‘anak muda’ sehingga setiap mahasiswa IPB mendukung dan berkontribusi mewujudkan IPB menjadi green campus.(NBY)

Download PDF : Mengenal Lebih Jauh Sosok IPB Green Environmental Ambassador 2016