IPB Magazine : Pojok Riset

Coklat Seru, Bangkitkan Semangat Baru

Tanggal on

Kreativitas mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tiada hentinya. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan, mahasiswa IPB yang terdiri dari: Rudi Abdul Gani,  Diendra Abdul Kariim, Sinta Refina dan Sarliyanti mencoba peruntungan usaha dengan membuat coklat handmade multirasa. Coklat olahan yang dikemas dalam bentuk batangan ini diberi jargon SERU yang merupakan singkatan dari ‘Semangat Baru’. “Tujuannya untuk memotivasi konsumennya agar memiliki semangat berwirausaha. Target pembuatan coklat SERU ini adalah menyediakan camilan sehat dengan variasi rasa,” kata Ketua Tim PKM Coklat SERU, Rudi Abdul Gani. Untuk memperlancar produksi dan pemasarannya, coklat SERU berada di bawah perusahaan TehSan Group.

......

Lilin Aroma Kencur Bikin Rileks Dan Nyaman

Tanggal on

Kencur (Kaempferia galanga L.) merupakan rimpang asli Indonesia yang memiliki khasiat sebagai obat dan telah banyak digunakan oleh masyarakat. Khasiat yang ada dalam kencur berupa senyawa-senyawa kimia, diantaranya minyak atsiri, borneol, dan sineol. Minyak atsiri tersebut bermanfaat dalam pengobatan, sehingga bagi masyarakat tradisional, kencur sering digunakan sebagai bahan baku jamu.

......

Anoa, Kerbau Cebol Pemalu Yang Terancam Punah

Tanggal on

Secara taksonomi anoa masuk dalam genus kerbau, Bubalus, namun bentuk tubuhnya menyerupai sapi kerdil. Dikenal dua spesies anoa yaitu anoa datran rendah Bubalus depressicornis dan anoa gunung Bubalus quarlesi. Panjang tubuh anoa 160-172 centimenter, ekornya 18-31 centimeter.  Ukuran tubuh yang kerdil menjadi daya tarik anoa. Anoa gunung biasanya berukuran lebih kecil. “Rata-rata tinggi badan anoa dewasa hanya 75 centimeter. Ada yang hanya 69 centimeter tapi ada mencapai 106 centimeter. Berat badan anoa maksimal 150 kilogram. Anak anoa berambut tebal tebal warna coklat kekuningan. Semakin tua, warna rambur semakin gelap yaitu coklat gelap sampai hitam. Anoa jantan berwarna lebih gelap,” papar ahli satwa liar Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr.Abdul Haris Mustari.

......