Deteksi Lahan Antarkan Rizky sebagai The Best Oral Presentation

Dengan mempresentasikan penelitian ‘Deteksi Perubahan Lahan Pertanian di Jawa Barat Menggunakan Algoritma Breaks For Additive Seasonal and Trend (BFAST)’, mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (Fateta-IPB), Muhammad Rizky Aulia terpilih sebagai The Best Oral Presentation dalam The 2nd International Symposium on LAPAN-IPB Satellite 2015 (Lisat Symposium 2015) bertajuk ‘Food Security and Environmental Monitoring’, Rabu (18/11) di  IPB International Convention Center (IICC) Bogor.

Sebanyak 150 peserta dari berbagai kalangan seperti akademisi, peneliti, mahasiswa strata satu (S1) dan strata dua (S2) menyampaikan hasil penelitiannya. Kegiatan ini diselenggarakan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPLH-LPPM) IPB, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Menurut saya yang menarik dari penelitian saya adalah substansi terkait isu perubahan lahan. Seperti yang kita ketahui setiap saat perubahan lahan semakin banyak terjadi. Sebagai contoh perubahan lahan dari sawah menjadi perumahan dan lain sebagainya,” kata Rizky.  Dengan menggunakan Algoritma BLAST yakni metodeuntukmendeteksidankarakterisasiperubahandalamderetwaktu, Rizky berhasil menganalisis enam titik perubahan lahan di Jawa Barat yaitu Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi: Kecamatan Rancaekek dan Rancaekek Wetan, Kabupaten Bandung;  Kecamatan Cikeruh, Kabupaten Sumedang; Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka; dan Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Selain Rizky tim peneliti yang terlibat dalam penelitian yang dipresentasikan diantaranya: Dr. Liyantono, Dr. Yudi Setiawan, Million Muhammad, Muhammad Tajul Arifin dan Alvin Fatikhunnada. (ris)

 

Download PDF : Deteksi Lahan Antarkan Rizky sebagai The Best Oral Presentation