Chocoofaza: Always Make Good Mood

Cokelat merupakan hasil olahan dari biji kakao. Cokelat dapat membangkitkan semangat, melindungi perkembangan sel-sel, dan kaya akan antioksidan. Cokelat juga merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat khususnya anak-anak dan remaja. Namun sayang, cokelat yang bernilai nutrisi tinggi jarang tersedia di lingkungan masyarakat. Empat orang alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Aldi Maulidiansyah, Zakki Mubarok, Famulla Royaldi, dan Taufik Nugraha Agassi membaca peluang tersebut dengan mengembangkan bisnis produk minuman cokelat dengan brand “Chocoofaza”. “Faza” sendiri adalah akronim dari keempat nama para pendiri Chocoofaza.

 

Seiring berjalannya waktu, Chocoofaza saat ini dijalani oleh tiga alumni Departemen Teknologi Industri Pertanian , Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB yakni Aldi Maulidiansyah, Zakki Mubarok, Taufik Agassi, dan mahasiswa Departemen Agribisnis, Fakultas Pertanian (Faperta) IPB, Rininta Suci. Produk ini merupakan salah satu olahan cokelat asli produksi Indonesia yang dibuat tanpa bahan sintetik sehingga memberikan rasa yang alami.

 

Para founder Chocoofaza ini juga mendapatkan inspirasi ketika mereka mempelajari mata kuliah “Teknologi Bahan Penyegar” pada semester lima perkuliahan di IPB. Aldi menyatakan, “Salah satu bahan penyegar yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah cokelat dan kopi. Dengan melihat peluang pasar, akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan cokelat sebagai bahan baku. Hal tersebut didukung dengan fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil kakao (biji cokelat) terbesar di dunia”.

 

Saat ini, produksi kakao di Indonesia telah mencapai 800 ribu ton per tahun. Dari segi ekspor pun kakao Indonesia mengalami kenaikan signifikan, dari sekitar 100.000 ton di tahun 2009 menjadi di atas 300.000 ton pada tahun 2012. Produktivitas tersebut menempatkan Indonesia di posisi ketiga sebagai produsen kakao di dunia. Namun ekspor kakao masih dalam bentuk mentah. Sementara itu Indonesia mengimpor kembali cokelat sudah dalam bentuk jadi atau pun akan diolah kembali. Para inisiator Chocoofaza ingin generasi muda untuk terjun ke dunia wirausaha, khususnya menjadi Technopreneur, wirausaha yang berbasiskan teknologi, dengan mengolah bahan baku menjadi sebuah produk secara mandiri.

 

Chocoofaza memiliki tagline Healthy, High Quality, and Happy yang menyiratkan makna produk ini sehat, dibuat dengan kualitas terbaik dan kaya manfaat salah satunya membuat perasaan senang. “Saat ini Chocoofaza hadir dengan enam varian rasa diantaranya Black Chocolate, Chocolate Milk, Dark Chocolate, Milk Chocolate, Oat Chocolate, dan Original Chocolate. Masing-masing varian memiliki cita rasa tersendiri. Produk ini dikemas dengan berbagai ukuran diantaranya Box Kecil dengan isi 5 Sachet @ 30 gram, Stand Up Pack 210 gram, Stand Up Pack 450 gram, dan Bag 1 kilogram,” papar Aldi.

 

Untuk mendukung kelayakan produk ini, Chocoofaza telah memiliki sertifikat halal dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Chocoofaza dipasarkan hampir ke seluruh Indonesia melalui masing-masing agen di tiap-tiap kota. Bagi anda yang tertarik, dapat menghubungi SMS/WA : 089699291277untuk pemesanan. Mari support produk lokal ! (RF)

 

Download PDF : Chocoofaza: Always Make Good Mood