Lezatnya Usaha Sop Durian Margonda

Bisnis kuliner tidak pernah sepi pembeli. Ibarat peribahasa ada gula ada semut. Ada kuliner lezat, di situ datang peminat. Seperti bisnis Sop Durian Margonda yang letaknya persis di pinggir jalan raya arah Ramanda, Depok, Jawa Barat. Pemiliknya, Gendra Rama Putra sukses menyajikan sop durian sebagai menu andalan. Kedai milik Gendra juga menawarkan ragam jenis sop durian aneka rasa. “Kini sudah ada 28 varian. Yang paling terbaru sop durian tiramisu, yakni perpaduan sop buah durian dengan rasa tiramisu,” kata alumnus Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

 

Lebih lanjut Gendra menambahkan, sop durian tersebut dikombinasikan dengan bahan komposisi lain, seperti roti, kelapa, brownies, dan sunkist. Ragam varian ini merupakan permintaan konsumen yang menawarkan ide. Pembeli pun lebih leluasa memilih rasa yang diinginkan. Harga yang ditawarkan Rp 12 ribu dan yang termahal Rp16 ribu untuk sop durian tiramisu. Dia mengaku, dalam sepekan bisa menjual 300 hingga 500 mangkuk sop durian tiramisu.

 

Walau sudah banyak ragam, sop durian original tetap menjadi primadona. Menurutnya, sop durian variasi adalah selera masing-masing orang, namun setelah dia perhatikan, terbanyak dicari ternyata sop durian original. Untuk satu porsi sop durian original terdiri atas beberapa komposisi, antara lain durian lokal, susu, es, air gula, dan keju.

 

Sejauh ini, dia tak berniat membuka cabang di tempat lain. Namun, dia tidak khawatir jika ada yang menawarkan jenis kuliner sama. “Saya percaya pelanggan akan datang sendiri jika memang sudah suka. Umumnya yang datang remaja, ada juga keluarga. Bahkan, pelanggan saya ada yang datang jauh dari Bandung untuk mencicipi ini,” jelasnya.

 

Bisnis yang berdiri sejak 12 November 2010 ini dalam sebulan bisa menghabiskan kurang lebih satu ton buah durian. Untuk menjaga cita rasa dan kualitasnya, Gendra tidak menambahkan pemanis buatan dan mendatangkan langsung durian dari Medan. Kini bisnisnya kian berkibar dan memperkerjakan 20 karyawan. (***ris)

 

Download PDF : Lezatnya Usaha Sop Durian Margonda