Lollo & Brigida, Sepatu Cantik Kreasi Alumni IPB

Tak banyak orang yang tahu, merk sepatu wanita Lollo& Brigida yang cukup terkenal di dunia maya ternyata kreasi alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), Gina Levina Clarissa Siregar. Mulanya Lollo&Brigida merupakan brand untuk pashmina buatannya.

 

Ia memulai bisnisnya sejak tahun 2012 silam. Ketika baru lulus kuliah di IPB, wanita yang akrab disapa Gina ini lebih tertarik untuk berwirausaha. Untuk mengembangkan usahanya, wanita pencinta travelling ini bekerja sama dengan rekannya satu kampus yakni Muhammad Panji yang kini jadi suaminya. Panji yang mengatur semua pembukuan keuangan Lollo&Brigida. Sampai pada akhirnya, di tahun 2013, Gina bersama Panji mulai terjun di bisnis sepatu wanita. “Produk sepatu yang unik tersebut merupakan kombinasi dari sisa kain perca potongan pashmina dengan bahan sepatu," ungkap wanita yang pernah mengenyam sekolah kepribadian John Robert Powers Indonesia ini.

 

Gina menjelaskan, Lollo&Brigida dipakai karena pertimbangan lebih menarik untuk sebuah merek. "Sebenarnya Lollobrigida adalah nama panggilanku waktu kecil, (merujuk pada nama seorang aktris legendaris asal Italia, Gina Lollobrigida—red.). Suka dan juga catchy, aku ingin jadikan merek sepatu yang aku buat. Cuma ternyata nama itu sudah banyak yang pakai. Akhirnya, aku tambahkan '&' biar beda," ungkap lulusan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB tersebut.

 

“Strategi marketing yang saya lakukan yaitu dengan endorse selebgram, iklan spam per orang, dan mempromosikan di akun saya sendiri,” ungkapnya. Menurutnya, melalui instagram akan lebih memudahkan untuk mempromosikan produk pashmina Lollo&Brigida.

 

Hingga sekarang, ia memiliki puluhan karyawan. Rate harga di Lollo&Brigida untuk sepatu minimal Rp145.000,-. Dengan keuletan dan kegigihan dalam bisnisnya, wanita kelahiran 1990 ini sanggup memasarkan produk-produknya ke berbagai kawasan di Asia seperti Brunei, Malaysia, Singapore, Hongkong, dan Jepang. Dari usahanya, omset yang diterima Gina minimal Rp100 juta per bulan. (***ris)

 

Download PDF : Lollo & Brigida, Sepatu Cantik Kreasi Alumni IPB