Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Alumni IPB yang Handal

Sebuah struktur pemerintahan yang baik tentunya membutuhkan orang-orang yang tepat dan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk ditempatkan di posisi dan perannya masing-masing tanpa memandang jenis kelamin, begitupun halnya dengan pemerintahan di Indonesia. Tahun ini, di Kabinet Kerja, tercatat sebanyak delapan orang wanita yang menjabat sebagai menteri dan merupakan jumlah wanita terbanyak di jajaran kementerian sepanjang sejarah Indonesia.

Dr. Siti Nurbaya Bakar yang merupakan alumni Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (Fateta IPB) angkatan 12, sejak 27 Oktober 2014 lalu ditunjuk untuk mengemban amanah sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Mantan Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri ini menyelesaikan program sarjananya di IPB pada tahun 1979. Ia lalu mengambil program master di International Institute for Aerospace Survey and Earth Sciences (ITC), Enschede, Belanda, yakni di bidang rural, land, and ecology dan lulus program doktor studi Perencanaan Sumberdaya Alam di IPB, kolaborasi dengan Siegen University, Jerman.

Wanita kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1956 ini merasa bahwa pengangkatannya menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Presiden RI memang sesuai dengan bidang keahliannya. Hal ini yang kemudian membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan jabatannya yang baru dan menyusun rencana strategis dalam kementerian. Meskipun kementerian yang dipimpinnya merupakan salah satu kementerian yang harus melakukan penyesuaian nomenklatur karena hasil penggabungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan, ia dapat menyikapi dan menjalankannya dengan baik, karena pembawaan dan mentalnya yang memang sejak awal telah terbentuk sehingga menunjang kemampuannya untuk memimpin di bidang tersebut.

Ia meyakini bahwa pengangkatannya sebagai menteri bukanlah karena sekadar gender, tetapi karena kredibilitas yang dimilikinya. Tak heran, jika dilihat dari track record nya selama ini, ia sudah banyak terlibat dalam berbagai organisasi struktural dengan riwayat kepangkatan dan jabatan handal. Ia juga memiliki sederet daftar penghargaan nasional dan internasional yang didapatkan atas prestasinya selama ini. Selain itu, riwayat penugasan dalam dan luar negeri juga keterlibatannya dalam organisasi sosial dan kemasyarakatan pun membuat wanita yang hingga kini masih mengajar di Sekolah Pasca Sarjana IPB Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup ini tidak perlu diragukan integritasnya.(NRA)

 

Download PDF : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Alumni IPB yang Handal