Endro Siswoko, Alumni IPB Direktur Utama PT. Inhutani V

Menyandang gelar sarjana kehutanan atau kerennya insinyur memang penuh warna. Hidup di tengah hutan, menanam pohon, naik buldozer sampai terserang malaria adalah kondisi biasa. Bagi sebagian orang itu merupakan risiko pekerjaan, bahkan jika tidak mengalami semua itu, ibarat makan sayur tanpa garam.

 

Kehidupan seperti itu yang dinikmati Direktur  PT. Inhutani V, Ir. Endro Siswoko, MM untuk melengkapi diri sebagai rimbawan tulen. Sarjana Kehutananlulusan Jurusan Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB)  tahun 1987 ini memulai karirnya sebagai staf PT. Inhutani II yang ditugaskan di Pulau Laut, Kalimantan Selatan selama tiga tahun. Di sana Endro bersama staf lain membangun hutan tanaman industri (HTI), lalu berlanjut di Malino, Kalimantan Timur untuk mengelola Hak Pengusahaan Hutan (HPH) selama setahun.

 

Namun, hanya beberapa tahun, pria kelahiran Madiun, 28 Juni 1963 ini akhirnya ditarik ke Sumatera Utara (Sumut) untuk menangani rehabilitasi HPH di sana. Adalah Direktur Utama PT. Inhutani IV saat itu, Ir. Hendarsun, SS yang menariknya ke Sumut. Kegiatan rehabilitasi lahan tersebut merupakan embrio terbentuknya PT Inhutani IV yang berdiri hingga sekarang.

Endro termasuk salah satu saksi, sekaligus pegawai, yang tentu terlibat langsung membesarkan perusahaan plat merah yang memiliki wilayah kerja di Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Sumut, dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Itu sebabnya, hampir seluruh wilayah di NAD pernah dikunjunginya. Apalagi, selama beberapa tahun dia pernah menetap di wilayah ujung barat Indonesia itu.

 

Atas prestasinya ini, pada tanggal 17 Juli 2012 pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Negara BUMN Nomor: SK-256/MBU/2012 yang menunjuk Endro sebagai  Direktur Utama PT. Inhutani V. Di bawah kepemimpinan Endro, PT. Inhutani V memperluas bidang bisnisnya meliputi: usaha hasil tanaman kemitraan,trading, reklamasi, rehabilitasi dan industri (energi biomassa).

 

Dalam suatu kesempatan, Ketua Presidium Dewan Kehutanan Nasional (DKN) ini  menyatakan komitmennya untuk mengelola hutan lestari di kawasan konsesinya. “Kami mempunyai komitmen yang jelas dan tegas dalam mengelola hutan lestari di kawasan konsesi kami,” tegasnya. Selain di DKN, Endro juga aktif dalam organisasi profesi APHI (Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI).(*** ris)

 

Download PDF : Endro Siswoko, Alumni IPB Direktur Utama PT. Inhutani V