Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD: Berprestasi Melalui Daun Torbangun

Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD mendapat perhargaan terbaik kedua Dosen Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010 dari Kementerian Pendidikan Nasional, berkat penelitiannya mengenai manfaat daun torbangun (Coleus amboinicus Lour) untuk meningkatkan kualitas air susu ibu.

 

Ketersediaan ASI yang mencukupi selain diperoleh melalui pemenuhan kebutuhan gizi selama periode menyusui, juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi makanan/ramuan yang berkhasiat sebagai laktagogum (menstimulasi produksi ASI). Maka sebagai anak bangsa yang berasal dari suku bangsa Batak Simalungun, Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD melakukan penelitian tentang penggunaan sayur Torbangun di kalangan wanita Batak yang sedang menyusui. Masyarakat Batak di Propinsi Sumatera Utara memiliki tradisi dan kepercayaan akan khasiat sayur Torbangun sebagai laktagogum (penstimulasi produksi air susu). Sangat disayangkan karena sifat tanaman Torbangun adalah tanaman liar, maka potensi khasiat dari tanaman ini belum mendapat perhatian yang cukup memadai dari kalangan ilmuawan.

 

Penelitian tentang penggunaan daun Torbangun ini dilakukan di Tano Batak di Kabupaten Simalungun dengan melibatkan orang Batak sebagai peserta studi. Agar substansi penelitian ini dapat diangkat ke forum internasional maka pada kegiatan studi intervensi, khasiat laktagogum sayur Torbangun dibandingkan dengan tablet Fenugreek dan kapsul Moloco+B12, yang mana masing-masing merupakan laktagogum yang biasa digunakan oleh wanita menyusui di negara Eropa/Amerika dan kota besar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASI dari kelompok ibu yang mengkonsumsi sayur Torbangun itu yang terbaik dan telah dibuktikan secara ilmiah. Hasil penelitian tersebut jelas menghasilkan dampak positif khususnya sektor kesehatan ibu dan anak, yang tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu menyusui.

 

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD ini adalah penelitian komprehensif pertama tentang sayur Torbangun di Indonesia yang telah mengangkat dan mengekspos tradisi lokal masyarakat Batak ke berbagai forum internasional. Atas prestasi tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Simalungun telah menganugerahkan Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD sebagai Warga Kehormatan Daerah Simalungun.

 

Dari hasil penelitian Torbangun ini sudah dihasilkan beberapa artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah internasional (antara lain Journal of Human Lactation, Annals Nutrition & Metabolism, Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, Malaysian Journal of Medical Sciences), juga makalah sebagai pembicara di berbagai konferensi internasional di berbagai negara seperti Australia, Canada, China, Malaysia, dan Thailand, serta liputan wawancara baik di media elektronik; TVRI & Radio ABC Australia maupun media cetak; majalah dan suratkabar, serta melakukan program penyuluhan di desa-desa untuk memberikan arti penting ASI dalam pemenuhan nutrisi bagi bayi yang baru dilahirkan. Dalam bidang publikasi ilmiah, pada tahun 2008 Indonesia Danone Institute telah menganugerahkan Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD ”Publication Award 2008”.

Download PDF : Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD: Berprestasi Melalui Daun Torbangun