Mengintip Visi Dekan Pertama Sekolah Bisnis IPB

Pada tanggal 10 April 2017, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Herry Suhardiyanto melantik 10 pejabat baru IPB, termasuk diantaranya adalah Dekan Sekolah Bisnis (SB) IPB, Prof. Dr. Ir. Noer Azam Achsani, MS.

 Prof. Noer Azam menyampaikan di awal kepemimpinannya saat ini, sebuah visi besar diembannya yakni mewujudkan SB IPB menjadi pusat unggulan dalam pengembangan pemimpin yang bertanggung jawab (responsible leaders) dalam industri berbasis sumberdaya dan ilmu hayati melalui proses pendidikan, riset dan pengabdian dengan semangat kewirausahaan, fokus pada keberlanjutan dan berorientasi global.

 Untuk mewujudkannya, SB-IPB menyelenggarakan pendidikan yang terakreditasi nasional dan internasional dalam bidang bisnis; mengembangkan dan menyebarkan konsep bisnis yang berakar kuat pada budaya Indonesia; menyediakan jasa pemecahan masalah bisnis di Indonesia; mengembangkan secara aktif disiplin ilmu dan praktik bisnis di tingkat nasional, regional maupun internasional; mendukung pengembangan bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan dan bio-sains tropika yang berkelanjutan. “Misi SB IPB ini sejalan dengan visi dan misi IPB,” ujarnya.

 Sebagai Dekan SB IPB yang baru tentunya diharapkan akan mampu mengakselerasi tercapainya visi SB IPB tersebut. “Saya berupaya memanfaatkan, meningkatkan dan mensinergikan potensi yang dimiliki SB IPB dengan menciptakan konvergensi, sinergitas dan kohesivitas diantara para pemangku kepentingan untuk kemajuan bersama,” katanya.

 Strategi  yang akan dibangun sesuai arah pengembangan IPB tahun 2025, yaitu: pertama, IPB menjadi research based & entrepreneurial university. Kedua, good university governance (GUG). Ketiga, social responsibility and prosperity.

 Oleh karena itu, SB IPB dalam konteks arah pengembangan IPB tahun 2025 ingin mengambil peran lebih dalam hal mewujudkan cita-cita IPB sebagai entrepreneurial university. Hal ini juga sesuai dengan tagline SB IPB yaitu “Creating New Entrepreneurs and New Ventures”. 

 

Untuk itu, ada enam strategi yang akan dijalankan Prof. Noer Azam untuk mewujudkan cita-cita tersebut, yaitu : peningkatan mutu pendidikan, peningkatan mutu penelitian, peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan sumberdaya dan peningkatan kesejahteraan, penguatan networking, dan penguatan tata kelola organisasi.

 Selain itu, ada lima program yang akan ia jalankan untuk mewujudkan SB IPB sebagai pilar entrepreneurial university yaitu academic excellence dan konsolidasi organisasi, strategic resource allocation, partnership & networking, internationalization programme dan entrepreneurial university. Pada prinsipnya kelima program tersebut berjalan bersamaan. Namun demikian pada setiap tahunnya akan lebih fokus pada salah satu program.

 “Pada tahun pertama, tahun ini, saya akan lebih fokus kepada academic excellence dan konsolidasi organisasi. Ini yang akan saya dahulukan. Ini bukan hanya program dan keinginan saya, tetapi telah menjadi kesepakatan dari warga SB IPB. Setelah itu, pada tahun kedua, saya akan lebih fokus kepada strategic resource allocation. Begitu juga untuk tahun-tahun selanjutnya, sehingga saya berharap pada tahun 2021, SB IPB mampu menjadi pilar kuat bagi IPB sebagai entrepreneurial university,” ujarnya.(dh)

 

Download PDF : Mengintip Visi Dekan Pertama Sekolah Bisnis IPB