Aksi Kepedulian Fakultas terhadap Lingkungan dan Mahasiswa

Faperta Hijau merupakan program andalan yang sedang dicanangkan di Fakultas Pertanian dalam rangka menumbuhkan dan mensiosialisasikan kepedulian lingkungan di antara mahasiswa dan sivitas Institut Pertanian Bogor. Bagian tata usaha Fakultas Pertanian (Faperta) terus berupaya meningkatkan kualitas fakultas secara khusus dan institusi secara umum agar menjadi kampus yang ‘benar-benar’ hijau. “Kami menyediakan tiga jenis tempat sampah yang dibedakan berdasarkan jenis sampah dan ditandai dengan beberapa warna, yakni untuk sampah plastik, sampah kertas, dan sampah organik,” ujar Adang, SE selaku Kepala Tata Usaha fakultas Pertanian. “Kami juga menyediakan bank sampah untuk sampah jenis plastik dan kertas, sementara itu untuk jenis sampah organik dibuang ke lubang biopori. Upaya ini merupakan hasil kerjasama kami dengan Komunitas Peduli Ciliwung guna meminimalisir aktivitas pemulung di lingkungan kampus,” tambah Adang.

Selain di ranah lingkungan, Faperta juga memiliki target penyelesaian berbagai urusan terkait pelayanan akademik dan kemahasiswaan yakni maksimal empat hari kerja. Oleh karena itu, untuk menunjang kinerja setiap pegawai, maka Adang mengajak setiap sivitas untuk bekerja sama setiap hari dalam melaksanakan pengawasan. “Kami memberlakukan reward  sebagai bentuk apresiasi dan dorongan guna meningkatkan kinerja para pegawai,” ujar Adang.

Dalam hal ini, Faperta mengharapkan agar fakultas dan institusi bisa senantiasa bersama-sama fokus pada kepentingan mahasiswa sebagai stakeholders  yang harus diprioritaskan, sehingga berbagai saran dan prasarana pun akan selalu diperhatikan.(nra)

Download PDF : Aksi Kepedulian Fakultas terhadap Lingkungan dan Mahasiswa