Fahutan IPB Optimalkan Manajemen Satu Pintu

Sistem fakultas-departemen dalam pengelolaan administrasi pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB) diberlakukan untuk mempermudah koordinasi dan pelayanan. Fakultas Kehutanan (Fahutan) merupakan salah satu fakultas di IPB yang pengelolaan administrasi pendidikan, kepegawaian, dan keuangannya dikelola oleh departemen. “Adanya bagian tata usaha di tingkat fakultas merupakan upaya untuk mewujudkan penjaminan mutu dan manajemen satu pintu. Hal ini tentu akan meminimalisir kemungkinan lost control agar tidak ada miskoordinasi,” ujar Fifi Luthfiah S.Sos,MM selaku Kepala Tata Usaha Fahutan.

Menurutnya, sejauh ini bagian tata usaha baru mengurusi hal-hal terkait sarana dan prasarana yang ada di Fahutan, “Para pegawai fakultas diberdayakan dan dibagi ke departemen untuk membantu pengelolaan yang ujungnya nanti akan berkoordinasi dengan tata usaha di fakultas,” tambah Fifi.

Fifi menjelaskan, dengan telah diperolehnya sertifikat ISO 9001:2008 di tingkat fakultas, maka fakultas berupaya untuk mengoptimalkan kembali fungsi fakultas sebagai penjamin mutu pendidikan dengan memberlakukan sistem manajemen satu pintu untuk pelayanan administrasi pendidikan dengan merujuk pada SOP yang telah dibuat. (NRA)

Download PDF : Fahutan IPB Optimalkan Manajemen Satu Pintu